Mbak Fatiha dan kekurangan kosakata Bapaknya

Putri saya, as of the time of this writing, usianya sudah hampir empat bulan. Namanya Fatiha, diambil dari surat pertama Al-Qur’an. Arti harfiahnya pembuka. Saya dan Anti memanggilnya ‘Mbak’.

Kami berharap Mbak Fatiha bisa tumbuh menjadi manusia yang selalu ingat untuk meminta pertolongan dan perlindungan Allah SWT, menakzimi surat Al-Fatihah. Kami juga berharap doa-doa Mbak selalu dikabulkan-Nya.

Alhamdulillah, saat ini Mbak Fatiha sudah bisa senyum, sudah mulai memegang barang-barang, dan sudah mulai menanggapi obrolan Bapak Ibunya. (e.g. “Mbak, suara jerapah bagaimana?” “Nggng”; “Mbak, ayam warnanya apa?” “Hgeng”; “Mbak, bagaimana pendapat mbak soal tax amnesty?” “Mmghh” )

Kami bahagia. That’s about it. Tidak ada lagi yang bisa saya tuliskan sebenarnya selain kami bahagia karena telah diberikan karunia buntelan cinta yang kadang berisik dan berlumuran ompol tapi selamanya menghangatkan rumah serta hati kami. Putri yang senyumnya masih melulu gusi tapi melelehkan mata kami. Anak yang hanya mau tenang di kala siang kalau bapak-ibunya joged/senam SKJ tiga puluh menit namun tidak pernah membuat kami mengeluh.

Ya, kami bersyukur.

Tiga bulan ke belakang saya berkali-kali kembali ke blog untuk mencoba menulis soal Mbak Fatiha, dan berkali-kali pula saya menghapus draft tulisan. Saya sempat menyerah mencari padanan kata yang tepat untuk menggambarkan Mbak Fatiha dan apa yang saya rasakan semenjak menjadi Bapak. Tapi ya sudah… nyatanya Mbak Fatiha susah dicari persamaannya. Dia lebih ajaib dari dunia di balik lemari. Dia lebih mengejutkan dari lotere akhir tahun. Dia lebih menyenangkan dari tornado meises cokelat dan ledakan pelangi di tengah gerimis bulan Dzulhijjah (di kota Mekah, pukul 13.25–atau, kalau kamu memakai jam pasir, putaran ke enam puluh tujuh di hari tersebut).

Yeah. She is many things and more.  

I just know that she will always blow me away…

just like she did her last diaper..

...and her previous one too.

I love her, my daughter, very much. 

And that should be enough words.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s